Kamis, 02 Juni 2011

Menuju FHP ke-2 di Serang.



Siang itu ba’da shalat jumat, 28 Mei 2011 di Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani Universitas Tirtayasa Serang terjadi pertemuan antara Pengurus Jaringan Wirausahawan Penggunan Dinar Dirham Nusantara ( Jawara ) Serang, Pengurus DKM Syech Nawawi Al Bantani, Pengurus Koperasi Civitas Akademik Untirta ( Kocipta ),  dan Perwakilan Jamaah Muslimin Banten.
Gambar : Masjid Syeikh Nawawi Al Bantani – Untirta Serang
Pertemuan itu berlangsung relative singkat, namun menghasilkan kesepakatan untuk melanjutkan kembali suatu kegiatan muamalat berupa pasar yang menggunakan alat tukar riil dinar dirham di Kampus Untirta. Setelah seminar internasional dinar dirham di Serang, dan peluncuran Wakala Mulia Madani ( WM2 ) akhir tahun lalu,   WM2 telah mendistribusikan dinar dirham yang cukup banyak di Serang dan sekitarnya. Para pemegang dinar dirham tentu membutuhkan sarana untuk membelanjakan dinar dirham yang telah dipegangnya,  dan dengan terbentuknya Jawara Serang bulan April lalu seyogyanya ada pasar sebagai wahana  terjadinya pemerataan kekayaan dari tangan ke tangan menggunakan dinar dirham. Sedangkan, pengurus DKM Untirta telah merencanakan kegiatan untuk memperingati Isra Mi’raj Rasulullah Saw 1432 H ini bulan depan.
Begitu Pengurus Jawara menyodorkan proposal FHP yang memang sudah dipersiapkan sebelumnya kepada Ketua DKM, Bpk. Fadullloh mempelajarinya dan langsung disepakati untuk mengadakan kegiatan Festival Hari Pasar ( FHP ) selama 2 hari di kampus Untirta, dari tanggal 7 sampai dengan 8 Juli 2011. Dalam FHP tersebut nantinya juga akan diadakan rangkaian seminar tentang muamalat menggunakan dinar dirham, perkoperasian, dan tema pembebasan Masjid Al Aqsho di Palestina dari pendudukan Israel.
Disamping kegiatannya terpusat di Untirta,  FHP ini diharapkan akan melibatkan kampus-kampus lain di Serang seperti STAIN, Unsera, IAIB, UPI, dan lain-lain untuk penyebaran informasi yang lebih luas lagi tentang muamalat yang syar’i di kalangan akademisi, dan mengikutsertakan unit usaha yang ada di masing-masing kampus dalam FHP tersebut.
FHP kali ini merupakan rangkaian FHP terdahulu, dan akan dilanjutkan dengan FHP berikutnya secara rutin guna lebih memperkenalkan transaksi perdagangan yang diridloi Allah SWT karena bebas riba.

Tidak ada komentar: